PENILAIAN AUTENTIK

24 Jun

Penilaian Autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran. (Permendikbud No 66/2013)
Penilaian Autentik adalah penilaian yang mengharuskan peserta didik untuk menunjukkan pengetahuan (knowledge), sikap (affective), keterampilan (skills) dan kemampuannya (ability) dalam situasi yang nyata /real life situations . (Popham, 1995; Bookhart, 2001).

Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu.
Menilai kesiapan, proses, dan hasil belajar peserta didik secara utuh.
Holistik (kompetensi utuh) merefleksikan sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Relevan dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran.
Mencerminkan masalah kehidupan nyata (real life).
Tidak hanya mengukur apa yang diketahui oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: