VISITASI S/M KAB DOMPY THN 2012

25 Sep

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.      Pengertian Akreditasi Sekolah/Madrasah

 

  1. a.   Akreditasi sekolah/madrasah adalah kegiatan penilaian kelayakan suatu sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-SM yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat dan kelayakan suatu sekolah/madrasah.
  2.   Untuk melaksanakan Akreditasi sekolah/madrasah pemerintah membentuk BAN-SM ( Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah ) yang berada di Jakarta dengan tugas merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah.
  3.   Dalam melaksanakan Akreditasi sekolah/madrasah BAN_SM dibantu oleh BAP-SM ( Badan Akreditasi Propinsi Sekolah-Madrasah ) yang dibentuk oleh Gubernur.
  4.   Di Tingkat Kabupaten / Kota BAP-SM membentuk UPA-SM ( Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah Madrasah ).

 

1.2.   Tugas UPA-SM adalah sebagai berikut:

  1. sebagai penghubung antara BAP-SM dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag untuk mendapatkan data Sekolah/Madrasah yang akan di Akreditasi .
  2. mengusulkan jumlah sekolah / madrasah yang akan di Akreditasi kepada BAP-SM.
  3. mengusulkan jumlah asesor yang dibutuhkan untuk Kabupaten / Kota yang bersangkutan.
  4. Menyusun data-data sekolah madrasah yang telah dan akan diakreditasi di tingkat Kabupaten/kota.
  5. Mengkoordiasikan sasaran penugasan asesor.
  6. Mengkoordasikan jadwal pemberangkatan asesor.
  7. menyiapkan perangkat akreditasi dan administrasi bagi asesor
  8. melapokan pelaksanaan kegiatan
  9. membantu administrasi keuangan BAP-SM
  10. melaksanakan tugas lain yang ditetapkan BAP-SM

 

1.3.   Dasar Hukum.

  1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri nomor 29 tahun 2005 tentang BAN-SM
  4. Keputusan BAP-SM Prop. NTB nomor 17 / BAP-SM  / KP / II / 2012 tentang Susunan UPA-SM Kabupaten Dompu 2012
  5. Surat Tugas nomor 54 / BAP-SM / ST / VI/ 2012 tentang pelaksanaan Visitasi oleh para Asesor.

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1.Rapat Koordinasi I BAP-SM dengan UPA-SM se-NTB tahun 2012 di Mataram Pada tanggal 6 Mei sampai 7 Mei 2012 bertempat di Hotel Jayakarta, UPA-SM Kabupaten Dompu mengikuti rapat koordinasi I dengan BAP-SM NTB. Dalam rakor tersebut dibahas antara lain: Kebijakan Akreditasi dan program BAP-SM tahun 2012, penetapan sekolah madrasah yang akan diakreditasi, penyusunan laporan hasil visitasi asesor oleh UPA-SM dan laporan UPA-SM ke BAP-SM NTB, penandatanganan MOU dan lain-lainya.

 

2.2.Sosialisasi Akreditasi Kabupaten Dompu Tahu 2012 Pada hari senin tanggal 18 Juni 2012 bertempat di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Dompu dilaksanakan sosialisasi Akreditasi dan Bimbingan Tekhnis pengisian instrumen yang di hadiri oleh Tim dari BAP-SM NTB, asesor dan para Kepala Sekolah Kabupaten Dompu.

 

2.3.Pelaksanaan Visitasi Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 Dari tanggal 9 Juli 2012 Tim Asesor melaksanakan Visitasi Akreditasi sesuai dengan surat tugasnya masing-masing Tim dengan membawa surat tugas,SPPD, perangkat Akreditasi dan lannya.

 

2.4.Penyerahan Hasil Visitasi oleh Tim Asesor Di harapkan paling lambat tanggal 8 september 2012 semua Tim asesor telah menyerahkannya kepada UPA-SM Kabupaten Dompu.

 

2.5.Laporan UPA-SM kabupaten Dompu BAP-SM NTB.Setelah semua Tim Asesor menyerahkan Hasil Laporan Visitasinya, kemudian semua  laporan tersebut kami himpun untuk di kirim dan kami rekapitulasi penilaianya dalam laporan ini secara husus.

 

2.6.Pengiriman Laporan.Pada pertengahan bulan September 2012 semua laporan Pelaksanaan Akreditasi Kabupaten Dompu tahun 2012 akan dikirim ke BAP-SM NTB di Mataram untuk dapat di tindak lanjuti sebagaimana mekanisme yang berlaku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.   Kesimpulan

 

Dengan telah selesainya pelaksanaan Visitasi Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 berarti Kabupaten Dompu pada tahun 2012 telah dapat mengakreditasi sebanyak 71 sekolah/ madrasah yang terdiri atas : 3 TK/RA, 50 SD/MI, 10 SMP/MTs, 3 SMA/MA dan 5 SMK/MAK.

 

4.2.   Saran-saran

a. Pada tahun anggaran 2013 UPA-SM Kabupaten Dompu mengharapkan jatah untuk TK/RA dan SMA/MA dapat ditambah, terutama SMA/MA yang jumlah Asesor nya ada 4 orang atau 2 Tim Asesor.

 

b. Penentuan Sekolah Madrasah yang akan di Akreditasi pada tahun 2013 agar ditentukan lebih dahulu oleh UPA-SM Kabupaten/Kota sesuai dengan tugasnya, sedangkan BAP-SM propinsi menentukan jatah dan kriterianya saja.

 

c. Sekolah madrasah yang telah terakreditasi pada tahu anggaran 2011 kemarin dan belum mendapatkan sertifikat agar ditindak lanjuti dan segerah bisa memperoleh sertifikat akreditasi sebagamana mestinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

Sebagai akhir dari laporan ini kami dari UPA-SM Kabuapten Dompu merasah perlu mengucapkan terimakasi kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan Akreditasi Kabupaten Dompu tahun 2012.

Demikian Laporan Pelaksanaan Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 telah kami susun dengan harapan dapat ditindak lanjuti oleh BAP-SM Propinsi NTB sesuai dengan mekanisme Akreditasi yang berlaku.

Semoga laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan diterima sebagai masukan dari UPA-SM Kabupaten Dompu kepada BAP-SM Propinsi NTB di Mataram.

Terima kasih.

 

Dompu,    September 2012

UPA-SM Kabupaten Dompu

Koordinator,

 

 

Dra. Hj. St. Nafisah

 

 

 

UNIT PELAKSANA AKREDITASI SEKOLAH / MADRASAH

(UPA – S/M) KABUPATEN DOMPU

Jln. Soekarno Hatta No. 17a Telp. (0373) 21040

E-Mail : upabapdpu@gmail.com

 

 

 

SURAT PENGANTAR

Nomor :    25 /UPA – S/M/LL/IX/2012

 

 

Kepada

Yth : Ketua Badan Akreditasi Provinsi

Sekolah / Madrasah (BAP-S/M)

Provinsi Nusa Tenggara Barat

d i –

Mataram

 

NO

JENIS YANG DIKIRIM

BANYAKNYA

KETERANGAN

1

Instrument akreditasi

71 S/M

Di kirim dengan hormat untuk di pergunakan sebagaimana mestinya

2

Instrument pengumpulan data dan informasi pendukung

71 S/M

3

Laporan lengkap hasil hasil visitasi  tim assessor,dll

10 Jilid

4

SPPD TIM Assesor

10 tim

5

Laporan UPA –SM Kabupaten Dompu Tentang Pelaksanaan Akreditsi tahun 2012

1 rangkap

6

CD dari Laporan Butir 3 dan 5 tersebut di atas.

1 CD

 

 

Dompu, 12 September 2012

Unit  Pelaksana  Kreditasi Sekolah / Madrasah

Kabupaten Dompu

Koordinator,

 

 

 

 

(Dra. Hj. St.Nafisah)

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa, kerena dengan ijin Nya pelaksanaan Akredatasi Sekolah/Madrasah Kabupaten Dompu Tahun 2012 telah berlangsur dengan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan

 

­­­

Kegiatan Akreditasi sekolah/madrasah Kabupaten Dompu 2012 meliputi :

  1. Akreditasi TK/ RA, sebanyak 3 sekolah/Madrasah
  2. Akreditasi SD/MI, sebanyak 50 Sekolah/Madrasah
  3. Akreditasi SMP/MTS, sebanyak 10 Seklah/Madrasah
  4. Akreditasi SMA/MA, sebanyak 3 Sekolah / Madrasah
  5. Akreditasi SMK/MAK, seanyak 5 Sekolah / Madrasah

 

Sehingga dengan demikian Jumlah sekolah/madrasah yang di Akreditasi  di Kabupaten Dompu Tahun 2012 ini sebanyak 171 sekolah/madrasah.

Asesor yang diberi tugas melaksanakan visitasi Akreditasi Sebanyak 20 orang dengan perincian sebagai berikut:

  1. TK RA 2 orang
  2. SD/MI 12 orang
  3. SMP/MTs 2 orang
  4. SMA/MA 2 orang
  5. SMK/MAK 2 orang

 

Dengan telah selesainya Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Kabupaten Dompu Tahun 2012, maka disusunlah Laporan ini yang tidak lain merupakan wujud nyata dari semua kegiatan yang kami laksanakan dan merupakan laporan pertanggung jawaban kepada pihak-pihak yang terkait.

 

Semogah laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan kami mengucapkan terimah kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan Akreditasi sekolah/madrasah tersebut.

 

 

 

 

Dompu,    September 2012

UPA-SM Kabupaten Dompu

Koordinator,

 

 

Dra. Hj. St. Nafisah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.      Pengertian Akreditasi Sekolah/Madrasah

 

  1. a.   Akreditasi sekolah/madrasah adalah kegiatan penilaian kelayakan suatu sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-SM yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat dan kelayakan suatu sekolah/madrasah.
  2.   Untuk melaksanakan Akreditasi sekolah/madrasah pemerintah membentuk BAN-SM ( Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah ) yang berada di Jakarta dengan tugas merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah.
  3.   Dalam melaksanakan Akreditasi sekolah/madrasah BAN_SM dibantu oleh BAP-SM ( Badan Akreditasi Propinsi Sekolah-Madrasah ) yang dibentuk oleh Gubernur.
  4.   Di Tingkat Kabupaten / Kota BAP-SM membentuk UPA-SM ( Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah Madrasah ).

 

1.2.   Tugas UPA-SM adalah sebagai berikut:

  1. sebagai penghubung antara BAP-SM dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag untuk mendapatkan data Sekolah/Madrasah yang akan di Akreditasi .
  2. mengusulkan jumlah sekolah / madrasah yang akan di Akreditasi kepada BAP-SM.
  3. mengusulkan jumlah asesor yang dibutuhkan untuk Kabupaten / Kota yang bersangkutan.
  4. Menyusun data-data sekolah madrasah yang telah dan akan diakreditasi di tingkat Kabupaten/kota.
  5. Mengkoordiasikan sasaran penugasan asesor.
  6. Mengkoordasikan jadwal pemberangkatan asesor.
  7. menyiapkan perangkat akreditasi dan administrasi bagi asesor
  8. melapokan pelaksanaan kegiatan
  9. membantu administrasi keuangan BAP-SM
  10. melaksanakan tugas lain yang ditetapkan BAP-SM

 

1.3.   Dasar Hukum.

  1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri nomor 29 tahun 2005 tentang BAN-SM
  4. Keputusan BAP-SM Prop. NTB nomor 17 / BAP-SM  / KP / II / 2012 tentang Susunan UPA-SM Kabupaten Dompu 2012
  5. Surat Tugas nomor 54 / BAP-SM / ST / VI/ 2012 tentang pelaksanaan Visitasi oleh para Asesor.

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1.Rapat Koordinasi I BAP-SM dengan UPA-SM se-NTB tahun 2012 di Mataram Pada tanggal 6 Mei sampai 7 Mei 2012 bertempat di Hotel Jayakarta, UPA-SM Kabupaten Dompu mengikuti rapat koordinasi I dengan BAP-SM NTB. Dalam rakor tersebut dibahas antara lain: Kebijakan Akreditasi dan program BAP-SM tahun 2012, penetapan sekolah madrasah yang akan diakreditasi, penyusunan laporan hasil visitasi asesor oleh UPA-SM dan laporan UPA-SM ke BAP-SM NTB, penandatanganan MOU dan lain-lainya.

 

2.2.Sosialisasi Akreditasi Kabupaten Dompu Tahu 2012 Pada hari senin tanggal 18 Juni 2012 bertempat di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Dompu dilaksanakan sosialisasi Akreditasi dan Bimbingan Tekhnis pengisian instrumen yang di hadiri oleh Tim dari BAP-SM NTB, asesor dan para Kepala Sekolah Kabupaten Dompu.

 

2.3.Pelaksanaan Visitasi Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 Dari tanggal 9 Juli 2012 Tim Asesor melaksanakan Visitasi Akreditasi sesuai dengan surat tugasnya masing-masing Tim dengan membawa surat tugas,SPPD, perangkat Akreditasi dan lannya.

 

2.4.Penyerahan Hasil Visitasi oleh Tim Asesor Di harapkan paling lambat tanggal 8 september 2012 semua Tim asesor telah menyerahkannya kepada UPA-SM Kabupaten Dompu.

 

2.5.Laporan UPA-SM kabupaten Dompu BAP-SM NTB.Setelah semua Tim Asesor menyerahkan Hasil Laporan Visitasinya, kemudian semua  laporan tersebut kami himpun untuk di kirim dan kami rekapitulasi penilaianya dalam laporan ini secara husus.

 

2.6.Pengiriman Laporan.Pada pertengahan bulan September 2012 semua laporan Pelaksanaan Akreditasi Kabupaten Dompu tahun 2012 akan dikirim ke BAP-SM NTB di Mataram untuk dapat di tindak lanjuti sebagaimana mekanisme yang berlaku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.   Kesimpulan

 

Dengan telah selesainya pelaksanaan Visitasi Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 berarti Kabupaten Dompu pada tahun 2012 telah dapat mengakreditasi sebanyak 71 sekolah/ madrasah yang terdiri atas : 3 TK/RA, 50 SD/MI, 10 SMP/MTs, 3 SMA/MA dan 5 SMK/MAK.

 

4.2.   Saran-saran

a. Pada tahun anggaran 2013 UPA-SM Kabupaten Dompu mengharapkan jatah untuk TK/RA dan SMA/MA dapat ditambah, terutama SMA/MA yang jumlah Asesor nya ada 4 orang atau 2 Tim Asesor.

 

b. Penentuan Sekolah Madrasah yang akan di Akreditasi pada tahun 2013 agar ditentukan lebih dahulu oleh UPA-SM Kabupaten/Kota sesuai dengan tugasnya, sedangkan BAP-SM propinsi menentukan jatah dan kriterianya saja.

 

c. Sekolah madrasah yang telah terakreditasi pada tahu anggaran 2011 kemarin dan belum mendapatkan sertifikat agar ditindak lanjuti dan segerah bisa memperoleh sertifikat akreditasi sebagamana mestinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

Sebagai akhir dari laporan ini kami dari UPA-SM Kabuapten Dompu merasah perlu mengucapkan terimakasi kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan Akreditasi Kabupaten Dompu tahun 2012.

Demikian Laporan Pelaksanaan Akreditasi S/M Kabupaten Dompu tahun 2012 telah kami susun dengan harapan dapat ditindak lanjuti oleh BAP-SM Propinsi NTB sesuai dengan mekanisme Akreditasi yang berlaku.

Semoga laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan diterima sebagai masukan dari UPA-SM Kabupaten Dompu kepada BAP-SM Propinsi NTB di Mataram.

Terima kasih.

 

Dompu,    September 2012

UPA-SM Kabupaten Dompu

Koordinator,

 

 

Dra. Hj. St. Nafisah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PELAKSANAAN AKREDITASI

SEKOLAH / MADRASAH

KABUPATEN DOMPU

TAHUN 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT PELAKSANA AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

( UPA-SM ) KABUPATEN DOMPU

TAHUN 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: